- Ruang
lingkup kreatif iklan. Berdasarkan medianya ruang lingkup kreatif iklan
terbagi menjadi 5 bagian. Jelaskan! Ruang lingkup kreatif iklan.
Berdasarkan medianya ruang lingkup kreatif iklan terbagi menjadi 5 bagian.
Jelaskan!
a. Audio (radio) adalah Iklan yang dipasang
melalui media radio. Iklan radio memiliki karakteristik yang khas yaitu hanya
dapat didengar melelui audio (suara) saja yang merupakan perpaduan dar
kata-kata (voice), musik dan sound effect. contoh iklan Pop Mie percakapan 2
orang remaja melalui telpon , satu dari mereka mengajak untuk bermain PS
bersama karena orang tuanya keluar kota dan dia takut sendirian dirumah.
kemudian temany lapar, namun diluar tidak ada yang berjualan apapun karena hari
suda larut malam, kemudiann ia teringat mamanya yang berpesan kalau lapar seduh
saja Popmie yang didapur yang cepat dan mudah dibuat.
b. Audio visual (Tvc) adalah Iklan Televisi
Comersial merupakan salah satu media yang terasuk dalm kategori above the line
Iklan televisi mengandun unsur suara, gambar dan gerak. Contoh : Iklan
Bukalapak " Cincai ".
c. Event (exhibition) adalah Event bisa
membantu peran public relations dalam sebuah perusahaan atau institusi. Melalui event inilah, public relations dapat mempromosikan
perusahannya melalui kegiatan-kegiatan event tersebut. Contoh : Event
Pertandingan Sepakbola Asean " Suzuki AFF " yang disponsori oleh
Suzuki.
d. Print ad adalah Yaitu iklan yang dibuat
dan dipasang dengan menggunakan teknik cetak, baik cetak dengan teknologi
sederhana maupun teknologi tinggi. Beberapa bentuk iklan cetak yaitu: iklan
cetak surat kabar, ikaln cetak baliho, iklan cetak poster, iklan spanduk, dan
lain-lain. Contoh : Iklan Oppo F1+ di daerah Roxy.
e. MOL (media online) adalah merupakan iklan
yang ditampilkan di media online seperti website, blog, maupun youtube. Iklan
online ini bisa berupa video maupun banner animasi. Contoh Ikklan Traveloka di
detik.com
- Penyusunan
struktur penulisan pesan. Sebut dan jelaskan tahapan penyampaian pesan
iklan!
a.
Appresiation / Bill up story : Pembukaan , missal
sifat orang yang Culas , maka ia harus di brief dahulu bgaimana peranya.
b.
Klimaks
c.
Turning Down / Twist : Lelucon, atau bisa
memberikan kesimpulan tentang pesan iklan.
- Konsep
dan elemen semiotika. Berilah contoh element semiotika menurut CS Peirce
dalam salah satu iklan.
teori segitiga
makna atau triangle meaning yang terdiri dari tiga elemen utama, yakni tanda
(sign), object, dan interpretant. Tanda adalah sesuatu yang berbentuk fisik
yang dapat ditangkap oleh panca indera manusia dan merupakan sesuatu yang
merujuk (merepresentasikan) hal lain di luar tanda itu sendiri. Tanda menurut
Peirce terdiri dari Simbol (tanda yang muncul dari kesepakatan), Ikon (tanda
yang muncul dari perwakilan fisik) dan Indeks (tanda yang muncul dari hubungan
sebab-akibat). Sedangkan acuan tanda ini disebut objek.Objek atau acuan tanda
adalah konteks sosial yang menjadi referensi dari tanda atau sesuatu yang
dirujuk tanda.
Interpretant
atau pengguna tanda adalah konsep pemikiran dari orang yang menggunakan tanda
dan menurunkannya ke suatu makna tertentu atau makna yang ada dalam benak
seseorang tentang objek yang dirujuk sebuah tanda.Hal yang terpenting dalam
proses semiosis adalah bagaimana makna muncul dari sebuah tanda ketika tanda
itu digunakan orang saat berkomunikasi.
Contoh : produk
“IndoMie Goreng Cabe Ijo”
·
Sign / Representamen : Warna hijau pada kemasan
merujuk pada warna cabai hijau
· Objek : Terdapat gambar cabai pada kemasan yang
merujuk pada cabai yang sesungguhnya , terdapat angka 40, yang menunjukkan
bahwa Indomie sudah memproduksi selama 40 tahun lamanya.
·
Intepretan : Sebuah produk berupa mie instant
dengan rasa pedas
- Semiotika
sebagai unsur pesan iklan. Jelaskan yang dimaksud semiotika dalam unsur
pesan iklan.
Semiotika dalam
sebuah pesan iklan akan memberikan pemahaman sebuah kenyataan/realitas kepada
pembaca iklan. Semiotika akan menanamkan(encoding) pemahaman sebuah kenyataan
yang pada akhirnya tidak dapat dipungkiri oleh pembaca iklan. Jika kita
mendengar sebuah produk rokok dengan merk "Malboro", maka kita setuju akan persepsi sebuah rokok untuk
kalangan pria yang tangguh. Produk rokok "Malboro" berhasil meraih
masuk dalam pikiran manusia diseluruh belahan dunia, yang semuanya tidak
terlepas dari unsur semiotika dalam pesan iklannya.
- Perencanaan
makna pesan. Rencanakan suatu makna untuk menyampaikan suatu pesan.
Didalam sebuah
pusat perbelanjaan ada sebuah keluarga pergi bersama yang terdiri dari ayah,
ibu, dan anak sekitar umur 2 tahun. Namun tanpa sadar si kedua orang tua
tersebut meninggalkan anaknya. Ibunya sibuk memilih baju sampai melalaikan
anaknya, kemudian ayahnya pun tiba tiba telponya berbunyi dan meninggalkan anak
kecil itu. Para orangtua asik dengan dengan kegiatanya sendiri, tanpa sadar si
kecil tadi mencari cari orang tuanya tadi , dan sampailah didalam took yang terdapat sebuah patung untuk
etalase baju Pria dan wanita yang saling berjajar kemudian si anak kecil itu
masuk ditengah patung tersebut dan menggandeng kedua tangan patung tersebut, ia
mengira itu adalah ayah dan ibunya. Kemudian tiba tiba orangtuanyapun datang
dan menemukan anaknya. Merekapun heran kenapa anaknya menggandeng patung
tersebut.
Kemudian
munculah Tagline “Every Child Need A Family” dan kemudian dilanjutkan dengan
iklan dipersembahkan oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia / KPAI. iklan ini memberikan kesimpulan bahwa seorang anak sangat membutuhkan perhatian kasih sayang orang tuanya, mereka ingin diperhatikan dan tidak dilalaikan meskipun karena berbagai alasan kesibukan, karena anak tidak hanya butuh materi saja, melainkan rasa sayang yang diberikan oleh orang tua itu amat penting untuk pertumbuhan sang anak.
- Prinsip
penulisan pesan iklan. Single
message dengan dengan focus pada satu yang disampaikan dengan jelas.
Contoh….
pendekatan
single message, simple (tak memakai banyak pernik), lugas, dan selalu fokus
pada kebutuhan dan keinginan target pasar. Contoh : Ikla yang dibuat di mata
kuliah Audio Visual. Iklan dengan seorang pria yang sedang bingung dan terus
berganti paaian hingga berkali – kali utuk mencari kepantasan. Angle kamera
dibuat secara tetap tidak bergerak karena focus pada satu objek, dan iklan ini
mengandung makna lugas yaitu “ Cari yang pas !
- Panduan
eksekusi pesan iklan. Berilah contoh iklan kreatif yang menggunakan daya
tarik celebritis, humor, rata takut, rasa salah,komparasi, positif,
emosional !
a.
Daya Tarik Celebritis : daya Tarik iklan
menggunkan endorser yang baik secara penampilan. Contoh : iklan sabun lux
menggunakan artis-artis cantik Maudy Ayunda
sebagai endorsernya.
b.
Humor : Memberikan daya tarik emosional karena
daya tarik dapat menarik perhatian konsumen. Alasan menggunakan humor karena
humor dapat membuat penerima pesan memperoleh mood positif , maka probabilitas
penerimaan pesan secara baik dan akan lebih besar. Lain halnya dalam keadaan buruk
(bad mood), penonton cenderung tidak akan memperhatikan iklan tersebut. Contoh
: iklan xl yang menggunakan endorser seorang pelawak sule.
c.
Takut : Biasanya menimbulkan aspek-aspek negatif
berhubungan dengan perilaku atau penggunaan produk tidak tepat. Contoh : iklan
pasta gigi, dengan membuat iklan yang menakuti konsumen bahwa gigi akan keropos
jika tidak menggunakan pasta gigi yang ditawarkan.
d.
Komparasi : Daya tarik ini digunakan para
pengiklan untuk membandingkan produk yang mereka iklankan dengan produk lain
dan menyatakan bahwa prouk mereka lebih baik daripada produk lainnya.
Penelitian pada pertengahan tahun 1970 mempelajari iklan komparatif mempunyai
hasil sebagai berikut : perbandingan Iklan komparatif lebih cocok dengan sikap
terhadap merek yang diiklankan, khususnya ketika merek tersebut baru. Contoh :
Iklan Provider simpati membandingkan tarif paket telponya dengan provider lain.
e.
Positif : Daya tarik ini berfokus pada praktek,
fungsi, atau kebutuhan konsumen secara optimal terhadap suatu produk yang
memberikan penekanan dan manfaat pada suatu merk. dan iklan ini memberikan pengaruh positif pada audiensnya.
Contoh : Iklan Prenagen yang menekankan pentingnya Ibu
minum susu Prenagen agar janinnya berkembang dengan baik.
f.
Emosional : Daya tarik didasarkan perasaan dan
emosi digunakan untuk produk mewah, maupun produk cukup murah. Berikut ini
pesan iklan dengan daya tarik perasaan dan emosi adalah iklan produk cuci
gudang yang sangat murah, sehingga menarik bbagi konsumen untuk melakukan pembelian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar