Jumat, 11 Agustus 2017

Ujian Tengah Semester - Kreatif Advertising

  1. Ruang lingkup kreatif iklan. Berdasarkan medianya ruang lingkup kreatif iklan terbagi menjadi 5 bagian. Jelaskan! Ruang lingkup kreatif iklan. Berdasarkan medianya ruang lingkup kreatif iklan terbagi menjadi 5 bagian. Jelaskan!
a.       Audio (radio) adalah Iklan yang dipasang melalui media radio. Iklan radio memiliki karakteristik yang khas yaitu hanya dapat didengar melelui audio (suara) saja yang merupakan perpaduan dar kata-kata (voice), musik dan sound effect. contoh iklan Pop Mie percakapan 2 orang remaja melalui telpon , satu dari mereka mengajak untuk bermain PS bersama karena orang tuanya keluar kota dan dia takut sendirian dirumah. kemudian temany lapar, namun diluar tidak ada yang berjualan apapun karena hari suda larut malam, kemudiann ia teringat mamanya yang berpesan kalau lapar seduh saja Popmie yang didapur yang cepat dan mudah dibuat.

b.      Audio visual (Tvc) adalah Iklan Televisi Comersial merupakan salah satu media yang terasuk dalm kategori above the line Iklan televisi mengandun unsur suara, gambar dan gerak. Contoh : Iklan Bukalapak " Cincai ".

c.       Event (exhibition) adalah Event bisa membantu peran public relations dalam sebuah perusahaan atau institusi.  Melalui event inilah,  public relations dapat mempromosikan perusahannya melalui kegiatan-kegiatan event tersebut. Contoh : Event Pertandingan Sepakbola Asean " Suzuki AFF " yang disponsori oleh Suzuki.

d.      Print ad adalah Yaitu iklan yang dibuat dan dipasang dengan menggunakan teknik cetak, baik cetak dengan teknologi sederhana maupun teknologi tinggi. Beberapa bentuk iklan cetak yaitu: iklan cetak surat kabar, ikaln cetak baliho, iklan cetak poster, iklan spanduk, dan lain-lain. Contoh : Iklan Oppo F1+ di daerah Roxy.

e.      MOL (media online) adalah merupakan iklan yang ditampilkan di media online seperti website, blog, maupun youtube. Iklan online ini bisa berupa video maupun banner animasi. Contoh Ikklan Traveloka di detik.com

  1. Penyusunan struktur penulisan pesan. Sebut dan jelaskan tahapan penyampaian pesan iklan!
a.       Appresiation / Bill up story : Pembukaan , missal sifat orang yang Culas , maka ia harus di brief dahulu bgaimana peranya.
b.      Klimaks
c.       Turning Down / Twist : Lelucon, atau bisa memberikan kesimpulan tentang pesan iklan.

  1. Konsep dan elemen semiotika. Berilah contoh element semiotika menurut CS Peirce dalam salah satu iklan.
teori segitiga makna atau triangle meaning yang terdiri dari tiga elemen utama, yakni tanda (sign), object, dan interpretant. Tanda adalah sesuatu yang berbentuk fisik yang dapat ditangkap oleh panca indera manusia dan merupakan sesuatu yang merujuk (merepresentasikan) hal lain di luar tanda itu sendiri. Tanda menurut Peirce terdiri dari Simbol (tanda yang muncul dari kesepakatan), Ikon (tanda yang muncul dari perwakilan fisik) dan Indeks (tanda yang muncul dari hubungan sebab-akibat). Sedangkan acuan tanda ini disebut objek.Objek atau acuan tanda adalah konteks sosial yang menjadi referensi dari tanda atau sesuatu yang dirujuk tanda.
Interpretant atau pengguna tanda adalah konsep pemikiran dari orang yang menggunakan tanda dan menurunkannya ke suatu makna tertentu atau makna yang ada dalam benak seseorang tentang objek yang dirujuk sebuah tanda.Hal yang terpenting dalam proses semiosis adalah bagaimana makna muncul dari sebuah tanda ketika tanda itu digunakan orang saat berkomunikasi.


Contoh : produk “IndoMie Goreng Cabe Ijo”
·         Sign / Representamen : Warna hijau pada kemasan merujuk pada warna cabai hijau
·   Objek : Terdapat gambar cabai pada kemasan yang merujuk pada cabai yang sesungguhnya , terdapat angka 40, yang menunjukkan bahwa Indomie sudah memproduksi selama 40 tahun lamanya.
·         Intepretan : Sebuah produk berupa mie instant dengan rasa pedas

  1. Semiotika sebagai unsur pesan iklan. Jelaskan yang dimaksud semiotika dalam unsur pesan iklan.
Semiotika dalam sebuah pesan iklan akan memberikan pemahaman sebuah kenyataan/realitas kepada pembaca iklan. Semiotika akan menanamkan(encoding) pemahaman sebuah kenyataan yang pada akhirnya tidak dapat dipungkiri oleh pembaca iklan. Jika kita mendengar sebuah produk rokok dengan merk "Malboro", maka  kita setuju akan persepsi sebuah rokok untuk kalangan pria yang tangguh. Produk rokok "Malboro" berhasil meraih masuk dalam pikiran manusia diseluruh belahan dunia, yang semuanya tidak terlepas dari unsur semiotika dalam pesan iklannya.

  1. Perencanaan makna pesan. Rencanakan suatu makna untuk menyampaikan suatu pesan.
Didalam sebuah pusat perbelanjaan ada sebuah keluarga pergi bersama yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak sekitar umur 2 tahun. Namun tanpa sadar si kedua orang tua tersebut meninggalkan anaknya. Ibunya sibuk memilih baju sampai melalaikan anaknya, kemudian ayahnya pun tiba tiba telponya berbunyi dan meninggalkan anak kecil itu. Para orangtua asik dengan dengan kegiatanya sendiri, tanpa sadar si kecil tadi mencari cari orang tuanya tadi , dan sampailah didalam  took yang terdapat sebuah patung untuk etalase baju Pria dan wanita yang saling berjajar kemudian si anak kecil itu masuk ditengah patung tersebut dan menggandeng kedua tangan patung tersebut, ia mengira itu adalah ayah dan ibunya. Kemudian tiba tiba orangtuanyapun datang dan menemukan anaknya. Merekapun heran kenapa anaknya menggandeng patung tersebut.

Kemudian munculah Tagline “Every Child Need A Family” dan kemudian dilanjutkan dengan iklan dipersembahkan oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia / KPAI. iklan ini memberikan kesimpulan bahwa seorang anak sangat membutuhkan perhatian kasih sayang orang tuanya, mereka ingin diperhatikan dan tidak dilalaikan meskipun karena berbagai alasan kesibukan, karena anak tidak hanya butuh materi saja, melainkan rasa sayang yang diberikan oleh orang tua itu amat penting untuk pertumbuhan sang anak.

  1. Prinsip penulisan pesan iklan.  Single message dengan dengan focus pada satu yang disampaikan dengan jelas. Contoh….
pendekatan single message, simple (tak memakai banyak pernik), lugas, dan selalu fokus pada kebutuhan dan keinginan target pasar. Contoh : Ikla yang dibuat di mata kuliah Audio Visual. Iklan dengan seorang pria yang sedang bingung dan terus berganti paaian hingga berkali – kali utuk mencari kepantasan. Angle kamera dibuat secara tetap tidak bergerak karena focus pada satu objek, dan iklan ini mengandung makna lugas yaitu “ Cari yang pas ! 

  1. Panduan eksekusi pesan iklan. Berilah contoh iklan kreatif yang menggunakan daya tarik celebritis, humor, rata takut, rasa salah,komparasi, positif, emosional !
a.       Daya Tarik Celebritis : daya Tarik iklan menggunkan endorser yang baik secara penampilan. Contoh : iklan sabun lux menggunakan artis-artis cantik Maudy Ayunda  sebagai endorsernya.

b.      Humor : Memberikan daya tarik emosional karena daya tarik dapat menarik perhatian konsumen. Alasan menggunakan humor karena humor dapat membuat penerima pesan memperoleh mood positif , maka probabilitas penerimaan pesan secara baik dan akan lebih besar. Lain halnya dalam keadaan buruk (bad mood), penonton cenderung tidak akan memperhatikan iklan tersebut. Contoh : iklan xl yang menggunakan endorser seorang pelawak sule.
c.       Takut : Biasanya menimbulkan aspek-aspek negatif berhubungan dengan perilaku atau penggunaan produk tidak tepat. Contoh : iklan pasta gigi, dengan membuat iklan yang menakuti konsumen bahwa gigi akan keropos jika tidak menggunakan pasta gigi yang ditawarkan.
d.      Komparasi : Daya tarik ini digunakan para pengiklan untuk membandingkan produk yang mereka iklankan dengan produk lain dan menyatakan bahwa prouk mereka lebih baik daripada produk lainnya. Penelitian pada pertengahan tahun 1970 mempelajari iklan komparatif mempunyai hasil sebagai berikut : perbandingan Iklan komparatif lebih cocok dengan sikap terhadap merek yang diiklankan, khususnya ketika merek tersebut baru. Contoh : Iklan Provider simpati membandingkan tarif paket telponya dengan provider lain.
e.      Positif : Daya tarik ini berfokus pada praktek, fungsi, atau kebutuhan konsumen secara optimal terhadap suatu produk yang memberikan penekanan dan manfaat pada suatu merk. dan iklan ini memberikan pengaruh positif pada audiensnya.
Contoh : Iklan Prenagen yang menekankan pentingnya Ibu minum susu Prenagen agar janinnya berkembang dengan baik.
f.        Emosional : Daya tarik didasarkan perasaan dan emosi digunakan untuk produk mewah, maupun produk cukup murah. Berikut ini pesan iklan dengan daya tarik perasaan dan emosi adalah iklan produk cuci gudang yang sangat murah, sehingga menarik bbagi konsumen untuk melakukan pembelian.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar