Kamis, 10 Agustus 2017

Kreativ Advertisng 1 (Analisa Iklan Semiotika Print Ad & TVC)

  


Contoh iklan yang memberikan kesimpulan Sendiri Semiotika



Print Ad



Iklan NIKE seringkali hanya menggunakan logo logo dari produk tersebut, yang para audiens sudah familiar dengan logo produk tersebut, terkadang nike hanya menambah tag line saja “ Just Do It “ tanpa memberikan keterangan bahwa itu produk dari brand NIKE. Rupanya Nike sudah mempunyai brand equity yang tinggi, ia hanya mencoba me recalling saja, karena memang namanya sudah dikenal di seluruh dunia.




TVC

Iklan Rokok LA Bold










teori segitiga makna atau triangle meaning yang terdiri dari tiga elemen utama, yakni tanda (sign), object, dan interpretant. Tanda adalah sesuatu yang berbentuk fisik yang dapat ditangkap oleh panca indera manusia dan merupakan sesuatu yang merujuk (merepresentasikan) hal lain di luar tanda itu sendiri. Tanda menurut Peirce terdiri dari Simbol (tanda yang muncul dari kesepakatan), Ikon (tanda yang muncul dari perwakilan fisik) dan Indeks (tanda yang muncul dari hubungan sebab-akibat). Sedangkan acuan tanda ini disebut objek.Objek atau acuan tanda adalah konteks sosial yang menjadi referensi dari tanda atau sesuatu yang dirujuk tanda.

Interpretant atau pengguna tanda adalah konsep pemikiran dari orang yang menggunakan tanda dan menurunkannya ke suatu makna tertentu atau makna yang ada dalam benak seseorang tentang objek yang dirujuk sebuah tanda.Hal yang terpenting dalam proses semiosis adalah bagaimana makna muncul dari sebuah tanda ketika tanda itu digunakan orang saat berkomunikasi.

Kesimpulan dari iklan tersebut :

Pertama karena tampilannya. Iklan rokok ini terlihat di TV yang menampilkan profil pria-pria dengan potongan masa kini, gaya hidup berselera tinggi, hidup mewah, sukses dalam segala hal karier dan percintaan. Pokoknya keren. Tampilan iklan yang elegan dan bikin ngiler ini bisa membuat penonton menyimpulkan “kalau elo mau keren kayak pria-pria ini, ya elo musti mengkonsumsi rokok ini. Umumnya iklan rokok tidak pernah memvisualisasikan gambar dari produk yang akan dikomunikasiikan, namun harus memberikan makna serta menarik untuk audiens.
berikut terlampir file video iklan tersebut , 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar